Unsur ke-113, 115, 117, dan 118.

Pada tanggal 28 November 2016, International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) menetapkan nama dan simbol untuk empat unsur: Nihonium (Nh), Moscovium (Mc), Tennesine (Ts), Oganesson (Og), masing-masing untuk unsur ke-113, 115, 117, dan 118.

Setelah periode 5 bulan ulasan publik, nama-nama sebelumnya diusulkan oleh penemunya telah disetujui oleh Biro IUPAC. Nama-nama dan simbol berikut ini secara resmi ditetapkan:
Nihonium dan simbol Nh, untuk unsur ke-113;
Moscovium dan simbol Mc, untuk unsur ke-115;
Tennesine dan simbol Ts, untuk unsur ke-117; dan
Oganesson dan simbol Og, untuk unsur ke-118.

Dalam konkordansi dengan dan mengikuti laporan sebelumnya bahwa klaim penemuan unsur ini telah terpenuhi, penemu telah diundang untuk mengusulkan nama-nama. Sesuai dengan tradisi, unsur-unsur yang baru ditemukan telah dinamai tempat atau wilayah geografis, atau ilmuwan. Akhir dari nama-nama juga mencerminkan dan mempertahankan konsistensi sejarah dan kimia: “-ium” untuk unsur ke-113 dan 115 dan untuk semua unsur-unsur baru dari kelompok 1 sampai 16, “-ine” untuk unsur ke-117 dan milik kelompok 17 dan “-on“untuk unsur ke-118 dan milik kelompok 18.

Nama Nihonium dengan simbol Nh untuk unsur ke-113 diusulkan oleh penemunya di RIKEN Nishina Pusat Sains Accelerator-Based (Jepang); Nama itu berasal dari Nihon yang merupakan salah satu dari dua cara untuk mengatakan “Jepang” dalam bahasa Jepang, dan secara harfiah berarti “Negeri Matahari Terbit”.

Moscovium dengan simbol Mc untuk ke-115 dan Tennessine dengan simbol Ts untuk unsur ke-117 yang diusulkan oleh penemunya di Joint Institute for Nuclear Research, Dubna (Rusia), Oak Ridge National Laboratory (USA), Vanderbilt University (USA) dan Lawrence Livermore National Laboratory (USA). Keduanya sejalan dengan tradisi menghormati tempat atau wilayah geografis. Moscovium adalah pengakuan dari wilayah Moskow dan menghormati tanah Rusia kuno yang merupakan rumah dari Joint Institute for Nuclear Research, di mana percobaan penemuan dilakukan dengan menggunakan Dubna Gas-Filled Recoil Separator dalam kombinasi dengan kemampuan ion akselerator berat dari Flerov Laboratorium Reaksi Nuklir. Sedangkan, Tennessine adalah pengakuan atas kontribusi wilayah Tennessee Amerika Serikat, termasuk Oak Ridge National Laboratory, Vanderbilt University, dan University of Tennessee di Knoxville, sampai penelitian unsur superberat.

Terakhir, dan sejalan dengan tradisi menghormati seorang ilmuwan, nama Oganesson dan simbol Og untuk unsur ke-118 diusulkan oleh tim berkolaborasi dari penemu di Joint Institute for Nuclear Research, Dubna (Rusia) dan Lawrence Livermore National Laboratory (USA) untuk mengakui Profesor Yuri Oganessian (lahir 1933) untuk sumbangan pionir untuk transactinoid penelitian unsur. Banyak prestasi nya termasuk penemuan unsur superberat dan kemajuan signifikan dalam fisika nuklir dari inti superberat termasuk bukti eksperimental “pulau stabilitas“.

Bagaimana, apakah tabel unsur periodik punya kita sudah basi outdated? Yang unsur ke-113, 115, 117, dan 118 ditulis Ununtrium, Ununpentium, Ununseptium, dan Ununoktium, atau tidak ada sama sekali? Mungkin kita harus menunggu yang lebih updated lagi tabel periodiknya…

Klik disini untuk ke sumber berita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s